Monday 23 November 2009

Sekolah Dasar Pelaksana Pertama Pembelajaran Bahasa Indonesia


Sekolah Dasar Pelaksana Pertama Pembelajaran Bahasa Indonesia

Hakikat Bahasa Indonesia.
Dalam hakikat bahasa akan dibahas mengenai pemngertian bahasa dan peranan bahasa

Pengertian bahasa
Bahasa  merupakan rangkaian bunyi yang mel;mvbangkan pikiran,perasaan, serta sikap. Jadi, bahasa adalah lambing. Oleh karena itu manusia dapat berpikir dan berbicara  tentang sesuatuyang abstrak bukan hanya konkret.

Peranan bahasa
Bahasa berperan sebagai :
  • Sarana utama untuk berpikir dan bernalar
  • Alat penerus dan pengembang kebudayaan.
  • Bahasa mempunyai peranan penting dalam mempersatukan anggotanya
  • Sarana pembinaan kesatuan dan persatuan bangsa
  • Sarana peningkatan pengetahuandan keterampilan pengembngan budaya.
  • Sarana peningkatan pengetahuan dan keterampilan untuk mengembangkan pengetahuan, teknologi,dan seni
  • Sarana penyebarluasaan pemakaian Bahasa Indonesia
  • Sarana pemahaman beragam budata melalui kesusasteraan.

Kemampuan menggunakan bahasa tidaklah merupakan kemampuan yang bersifat alamiah, seperti berjalan dan bernafas.
Kurikulum

Kurikulum adalah perangkat mata pelajaran Bahasa Indonesia yang diberikan oleh suatu lembaga penyelenggara pendidikan yang berisi rancangan  pelajaran yang akan diberikan kepada peserta didik dalm satu periode jenjang pendidikan, Tujuan, bahan, metode, sumber dan sarana telah tersusun dalam kurikulum mata pelajaran bahasa dan sastra Indonesia.

Tujuan pembelajaran Bahasa Indonesia
  • Memahami dasar-dasar pengetahuan ( kebahasaan) mengenai Bahasa Indonesia
  • Memiliki sikap positif terhadap Bahasa Indonesia
  • Terampil dalam berbahasa Indonesia
  • Menghargai dan membanggakan Bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan, dan bahasa Negara, khazanah budaya, dan intelektual manusia Indonesia.
  • Mampu menikamati dan memanfaatkan karya sastra untuk mengembangkn kepribadian, memperluas wawasan kehidupan, serta meningkatkan pengetahuan dan kemampuan berbahasa.

Bahan ajar yang digunakan untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia dapat berupa buku paket, buku teks,mass media dan lain-lain.

Pendekatan Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar
Pendekatan
Seperangkat asumsi yang saling berkaitan, dan berhubungan dengan sifat bahasa, serta pengajaran bahasa.
Asumsi terbagi menjadi dua yaitu : 1. bahasa sebagai kebiasaan 2. bahasa sebagai system komunikasi
Asumsi-asumsi tersebut menimbulkan pendekatan-pendekartan yang berbeda
Pendekatan yang mendasari pendapat bahwa belajar berbahasa berarti berusaha membiasakan diri menggunakan bahasa tersebutuntuk berkomunikasi
Pendekatan untuk memperoleh kemampuan berkomunikasi secara lisan.
Pendekatan yang mendasari pendapat bahwa dalam pembelajaran bahasa yang harus diutamakan ialah pemahaman akan akidah.

0 Comments:

 

blogger templates 3 columns | Make Money Online