Thursday 12 November 2009

Teori Perkembangan


1. Teori perkembangan kognitif Piaget, Bahasa dan cara berfikir anak berbeda dengan orang dewasa. Oleh karena itu guru mengajar dengan menggunakan bahasa yang sesuai dengan cara berfikir anak.
Indikator:
-          Bahasa
-          Cara berfikir
-          Mengajar
H0     =    Jika guru tidak mengajar dengan menggunakan bahasa yang sesuai dengan cara berfikir anak maka anak tidak akan mengerti
H1     =    Jika guru mengajar dengan menggunakan bahasa yang sesuai dengan cara berfikir anak maka anak akan lebih mengerti.
2. Teori perkembangan kognitif Piaget, Anak-anak akan belajar lebih baik apabila dapat menghadapi lingkungan dengan baik.
      Indikator:
-          Belajar
-          Lingkungan
H0   =    Jika anak tidak dapat menghadapi lingkungan dengan baik, maka belajar anak tidak akan lebih baik.
H1   =    Jika anak dapat menghadapi lingkungan dengan baik maka belajar anak akan lebih baik.
3.   Teori Gestalt, Prinsip ruang hidup (life space); bahwa perilaku individu memiliki keterkaitan dengan lingkungan dimana ia berada. Oleh karena itu, materi yang diajarkan hendaknya memiliki keterkaitan dengan situasi dan kondisi lingkungan kehidupan peserta didik.
Indikator:
-          Perilaku individu
-          Materi
-          Situasi dan lingkungan
H0   =    Jika anak tidak dapat berprilaku dengan situasi dan lingkungan, maka anak tidak dapat menerima materi.
H1   =      Jika anak dapat berprilaku dengan situasi dan lingkungannya maka anak dapat menerima materi dengan baik.
4.   Motivasi menurut Ngalim Purwanto adalah bahwa motivasi adalah segala sesuatu yang mendorong seseorang untuk melakukan sesuatu
Indikator:
-          dorongan
HO  =      Jika anak tidak mendapatkan dorongan dalam melakukan sesuatu (belajar) maka tidak dapat melakukan sesuatu (belajar) dengan baik.
H1   =      Jika anak mendapatkan dorongan dalam melakukan sesuatu (belajar) maka anak dapat melakukan sesuatu (belajar) dengan baik
5.   Ralph Waldo Emerson, peran orang tua dan guru sangat penting dalam pendidikan anak atau murid-muridnya,
Indikator :
-          Orang Tua
-          Guru
HO  =      Jika anak tidak mendapatkan peranan orang tua dan guru dengan baik, maka pendidikan yang didpat anak tidak maksimal.
H1   =      Jika anak mendapatkan peranan orang tua dan guru dengan baik, maka pendidikan yang didapat anak maksimal.



0 Comments:

 

blogger templates 3 columns | Make Money Online