Wednesday 11 November 2009

Sejarah Pendidikan



Tugas Sejarah Pendidikan







 Kelompok 1




Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Negeri Jakarta
2009



Bab 1

Lebih rendah dibanding malaikat.
Dilihat dari tingkah laku, perbuatan, dan akal, manusia purba tidaklah sepadan jika dibandingkan dengan malaikat. Makna rendah disini bukanlah dilihat dari derajatnya di mata Tuhan, namun dari proses hadirnya manusia di bumi yang menurut teori berasal dari evolusi kera. Menurut kelompik kami, hal itulah yang menjadi acuan penulis memberi judul “LEBIH RENDAH DARI MALAIKAT” pada bab ini.
Charles Darwin, dalam bukunya yang berjudul “The Ancent of Men” mendefinisikan manusia pertama kali berkembang di Afrika.
·         4 juta tahun yang lalu, bertumpuk-tumpuk pohon vulkanik dan serpihan lumpur
·         2  juta tahun yang lalu, ditemukan fasil nenek moyang atau manusia pertama yang memiliki satu kaki.
·         Di Afrika selatan ditemukan ditemukan Taung (tengkorak sejarah).
·         50 juta tahun yang lalu, ditemukan lemur.
·         30 juta tahun yang lalu, ditemukan fosil tengkorak di Fayum, dinamakan Agyptophytecus.
·         20 juta tahun yang lalu, Anthropid diganti menjadi Proconsul.
·         ! juta tahun yang lalu ditemukan Homo Erectus.
Perubahan dalam makanan
Lemur, siamang, hominid, Egypthopytecus, Proconsul dan Austra lophytecus memekan serangga. Kemudian berubah menjadi pemakan buah, dan Austra lophytecus menjadi omnivora.
Manusia berpindah dengan jarak yang tak menentu. Pindah ke utara setelah iklim berubah menjadi es. Ketika manusia tinggal di gua dan mulai menemukan alat-alat yang kompleks.
Homo Sapiens datang ke gua kemudian membuat lukisan binatang di dinding gua yang diberi nama Magis. Semua lukisan yang ada tercita dari tangan-tangan yang mengatakan “ini adalah tangan saya, ini adalah manusia”.
Kesimpulan
Perubahan yang terjadi selama berevolusi tidaklah terjadi satu demi satu, tapi semua bagian harus berubah bersama. Sebagaimana perubahan tingkah laku. Evolusi dari otak, mata, kaki, yangan, gigi dan keseluruhan kerangka manusia membuat suatu bentuk yang mozaik.





Bab 2
Panen dari musim-musim
Dalam perkembangan peradaban manusia, manusia mulai menemukan hal-hal baru yang pada awalnya belum diketahui. Satu demi satu kegiatan yang manusia lakukan saling berkaitan menghasilkan kegiatan baru. Kegiatan baru inilah yang tanpa kita sadari merupakan hasil peradaban manusia pada masa lampau dan sekarang kita gunakan. Menurut kelompok kami, itulah sebabnya mengapa penulis memberi judul “PANEN DARI MUSIM-MUSIM”. Penulis beranggapan saat ini kita hanya memanen dari hasil peradaban manusia jutaan tahun yang lalu.
20.000 tahun yang lalu, manusia telah sampai pada tahap pengumpul makanan dan pemburu. Manusia mulai memindahkan hewan pengikut atau kumpulan rusa (menggembala). 10.000 tahun yang lalu, manusia mulai menempatkan beberapa binatang pada suatu tempat dan mulai menanam tanaman. Setelah zaman es berakhir, manusia secara tiba-tiba menemukan sebuah daratan yang ditumbuhi bunga-bunga dan binatang di sekitarnya. Hal tersebut membawa suatu perubahan pada masa itu dalam kehidupan manusia. Manusia mulai tinggal di sebuah daratan dan memulai kehidupan nomaden.
Sebelum 11.000 SM, orang-orang nomaden selalu mengikuti migrasi alam dan kumpulan liar. Pada saat itu hanya anjing dan biri-biri yang merupakan binatang pengikut. Aturan dalam suku nomaden wanita tidak terlalu di anggap. Wanita merupakan alat penghasil anak laki-laki, pemerah susu, dan menyiapkan makanan. Nomaden pada masa itu belum tahu cara membuat benda-benda yang dapat digunakan dalam waktu lama. Kehidupan nomaden yang terlalu sempit tidak memberi kesempatan pada nomaden untuk berinovasi. Kebiasaan nomaden hanya mempertahankan hidup.
Nomaden pada masa itu berpindah dengan berjalan kaki dan membawa barang-barangnya sendiri. Langkah terbesar dalam kehidupan nomaden yaitu dari nomaden menuju desa pertanian. Nomaden merupakan orang pertama yang memanen gandm seperti rumput liar yang berbutir namun belum mengetahui cara menanamnya. Mereka membuat sabit yang berbentuk tanduk rusa dari tulang. Penemuan jenis gandum liar yang pertama kali ditemukan oleh orang-orang yang menetap. Mereka menggenggam dan memotong dengan gerakan gergaji menggunakan sabit. 1950, Katheleen Kenyon menemukan tower kuno. Penemuan yang sangat bertenaga dalam semua pertanian adalah bajak. Bajak merupakan suatu pengungkit yang mengangkat tanah dan merupakan penerapan pertama dari pengungkit. Roda pertama kali ditemukan pada 3000 SM di selatan Rusia. Temuan ini berbentuk roda kayu yang keras yang digesekkan pada rakit yang kemudian menjadi satu model untuk semua gerakan rotasi.
Penempatan dan pemanfaatan dari binatang-binatang di desa merupakan hal lain dari perkembangan peradaban. Urutan penempatan hewan lebih tua. Pertama datanglah anjing, 10.000 SM. Kemudian datanglah hewan untuk di makan, dimulai dengan kambing dan biri-biri. Kemudian datang binatang-binatang penarik, seperti onager (keledai buas). 5000 tahun yang lalu, sebuah penarik muncul, yaitu kuda. Kuda memiliki proporsi yang lebih cepat, kuat dan dominan. 2000 SM, manusia menemukan cara mengendarai kuda. Dalam satu pemahaman, ketakutan perang diciptakan oleh kuda. Dari kuda, nomaden juga menemukan aktivitas sepertai permainan dan perlombaan. Taktik dan strategi dalam perang di tuangkan dalam permainan. Dalam permainan, nomaden sebenarnya tidak tertarik pada permainannya, tapi mereka hanya ingin menjadi pemenangnya. Menjadi kelompok terbaik.
Kesimpulan
Sejarah perkembangan peradaban manusia tidaklah berjalan cepat. Semua perubahan berjalan satu demi satu secara bertahap dalam waktu yang panjang dan proses yang rumit. Hingga manusia mengtahui apa yang telah ia lakukan dan digunakan sampai sekarang. Saat ini, semua kegiatan manusia telah jauh berkembang. Dari kegiatan bertani, berburu, beternak, permainan, perang dan cara hidup yang lebih kompleks. Namun dari semua peradaban itu, dalam sejarah terakhir nomaden, pembuat perang adalah adalah hal terburuk dalam sejarah penemuan.
























0 Comments:

 

blogger templates 3 columns | Make Money Online